Selasa, 22 Oktober 2013

PERLUKAH PELAJARAN TAMBAHAN DI LUAR JAM SEKOLAH BAGI SISWA? 

 Pelajaran tambahan merupakan bimbingan belajar untuk memberikan pelajaran tambahan kepada siswa serta membantu kesulitannya dalam memahami materi pelajaran .Bimbingan diperlukan apabila siswa tidak mampu memahami materi pelajaran di sekolah .Bimbingan ini dilaksanakan di luar jam sekolah.
Ada beberapa sebab siswa mengikuti pelajaran tambahan (les) antara lain :
1. Siswa ingin memiliki pengetahuan lebih dari apa yang telah didapatkan di sekolah.
2. Siswa kurang mampu memahami materi yang didapat di sekolah.
3. Kurang mendapat bimbingan orang tua pada saat belajar, sehingga orang tua mempercayakan anaknya kepada bimbingan belajar.
Perlu kita ketahui bahwa tidak semua anak perlu untuk mengikuti pelajaran tambahan. Alangkah baiknya jika siswa mau dan mampu belajar tanpa mengikuti pelajaran tambahan. Kecuali apabila memang benar-benar dibutuhkan.
Sebelum memutuskan mengikutkan anak dalam bibingan belajar atau mencarikan guru private hendaknya orang tua mengenali dulu karakter, model dan pola anak dalam belajar. Sehingga bimbingan belajar yang diikuti benar-benar bermanfaat.
Model bimbingan yang diperlukan model classical atau private dengan mendatangi lembaga bimbingan belajar atau mendatangkan guru les private ke rumah. Model bimbingan ini tidak menjadi masalah tergantung keinginan siswa.
Tingkat keberhasilan tergantung dari kesungguhan anak untuk mau berkembang. Dari beberapa kasus prestasi anak akan meningkat apabila keinginan mengikuti pelajaran tambahan memang berasal dari dalam dirinya sendiri. Sedangkan hasil yang tidak maksimal apa bila siswa mengikuti les karena terpaksa.
Oleh sebab itu komunikasi sangat diperlukan untuk menarik keinginan anak untuk mengikuti pelajaran tambahan. Yakinkan bahwa anak kita benar-benar membutuhkan pelajaran tambahan, serta tentukan tempat bimbingan belajar dan guru pembimbing yang tepat.

pelajaran tambahan di dalam sekolah juga penting karena :

para siswa lebih mudah menyerap apa yang di ajarkan oleh guru yang sudah biasa menerangkan sehingga para siswa sudah tidak canggubg lagi terhadap guru tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar